Senin, 21 April 2008

Seiko Chronograph 6139 "Franken Watch"

Semakin banyak penggemar jam klasik (terutama kaum muda) yang menggemari Seiko Chronograph sebagai salah satu pilihan koleksinya, karena selain harganya yang relatif terjangkau, model yang bervariasi dan komplikasi movement yang cukup tinggi.
Hal ini membuat jam tersebut sangat cepat berkurang dari pasaran (karena hukum supply & demand) dan sangat sulit ditemukan dengan kondisi yang layak. Banyak watch maker kemudian memanfaatkan keadaan ini dari beberapa jam yang sejenis diambil bagian yang masih baik untuk kemudian dirangkai menjadi sebuah jam "model baru" yang sulit dikenali ketidak-asliannya, karena semua bagian memang asli!
Dikenal sebagai "Franken Watch" atau orang sering menyebutnya "Jam Setingan".


Salah satu contoh adalah jam diatas Seiko Chronograph 6139-xxxx bila dilihat sepintas tidak ada yang aneh dari jam tersebut, bila dilihat dari dial, movement dll semua original Seiko, walaupun bila dilihat lebih teliti, tetapi sebenarnya jam tersebut adlah jam setingan: Dial diambil dari 8020 (gambar atas kanan) sedangkan casing diambil dari 7080 (gambar atas kiri) dan jarum dari Seiko jenis lain. Jadilah sang Franken Watch!

Tidak ada komentar: